Sabtu, 29 Agustus 2015

virus penyabab demam berdarah



Dengue virus
Ahamd nur habiburrahman
  Demam berdarah (disebut juga DBD) disebabkan oleh salah satu virus patogen  Dengue virus Yang berasal dari family flaviviridae dan dari genus flavivirus dengan materi genetik berupa untaian RNA .Virus jenis ini memiliki 4 tipe, yang jika pernah terinfeksi salah sayu tipe virus, maka akan kebal dengan 3 tipe lainya, namun hanya dalam waktu singkat.virus ini dapat menginfeksi mamalia dengan transportasi nyamuk Aedes khususnya Aedes Aeggypty.
  Mula-mula, virus dengue masuk kedalam tubuh manusia melalui nyamuksetelah 8-10 hari virus tersebut menjangkit nyamuk. Setelah 2 hari virus masuk kedalam tubuh manusia, biasanya terjadi demam yang berlangsung 5-9 hari disertai pusing dan mual. Selanjutnya, mulai terlihat bintik merah( ruam) yang seperti campak disebabkan pecahnya pembuluh kapiler diseratai turunya panas yang terjadi 2-4 hari. Apabila dalam fase ini virus dapat diatasi akan terjadi kenaikan suhu dan beberapa bintik mulai menghilang dan kembalinya konsentrasi jumlah trombosit dalam 3-6 hari, namun apabila parah mungkin sekali terjadi pendarahan di hidung dan mulut, serta menumpuknya cairan dibagian abdomen dan dada yang berpotensi menimbulkan bocornya pembuluh darah secara lebih parah dimana masa itu dibutuhkan tranfusi. Apabila pendarahan berkelanjutan dapat terjadi anemia sehingga tak maksimalnya metabolisme yang membuat beberapa bagian tubuh mengalami kelumpuhan hingga terancamnya nyawa.

  Meski telah banyak dilakukan penelitian namun sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang dapat mengatasi infeksi. Saya menyarankan rutinya melakukan 3M, menutup, menguras ,dan mengubur, yang bertujuan mengatasi perkembangbiakan nyamuk Aedes. ....TERIMA KASIH...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar